Senin, 15 Agustus 2011

Keutamaan Sholat Tahajud

Diposting oleh Ahmad Choirun Najib at 22.40
Sholat Tahajud

Oleh : H. Sunaryo A.Y.

Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jadi, kalau mau mengerjakansholat Tahajud, harus tidur dulu. Shalat malam ( Tahajud ) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan denganAllah SWT.

Berfirman Allah SWT di dalam Al-Qur’an :
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”
(QS : Al-Isro’ : 79)

Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan .

Sahabat Abdullah bin
Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Waktu Untuk Melaksanakan Sholat Tahajud :
Kapan afdhalnya shalat Tahajud dilaksanakan ? Sebetulnya waktu untuk melaksanakan shalat Tahajud ( Shalatul Lail ) ditetapkan sejak waktu Isya’ hingga waktu subuh ( sepanjang malam ). Meskipun demikian, ada waktu-waktu yang utama, yaitu :
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )

Menurut keterangan yang sahih, saat ijabah (dikabulkannya do’a) itu adalah 1/3 malam yang terakhir. Abu Muslim bertanya kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?”
Sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :
“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

Nabi SAW bersabda lagi :
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :
Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 ( dua ) raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

Adapun Kaifiat yang diterangkan oleh Sahabat Said Ibnu Yazid, bahwasannya Nabi Muhammad SAW shalat malam 13 raka’at, sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. Sedangkan pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. Kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.Rasulullah SAW bersabda :
“Allah menyayangi seorang laki-laki yang bangun untuk shalat malam, lalu membangunkan istrinya. Jika tidak mau bangun, maka percikkan kepada wajahnya dengan air. Demikian pula Allah menyayangi perempuan yang bangun untuk shalat malam, juga membangunkan suaminya. Jika menolak, mukanya
disiram air.” (HR Abu Daud)

Bersabda Nabi SAW :
“Jika suami membangunkan istrinya untuk shalat malam hingga
keduanya shalat dua raka’at, maka tercatat keduanya dalam golongan (perempuan/laki-laki) yang selalu berdzikir.”(HR Abu Daud)

Keutamaan Shalat Tahajud :
Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan
sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.
(Bahan (materi) di ambil dari buku “RAHASIA SHALAT SUNNAT” (Bimbingan

Lengkap dan Praktis) Oleh: Abdul Manan bin H. Muhammad S

Source : http://tahajudcallmq.wordpress.com/2007/08/20/%E2%80%9C-keutamaan-shalat-tahajud-%E2%80%9D/


If you enjoyed this post and wish to be informed whenever a new post is published, then make sure you subscribe to my regular Email Updates. Subscribe Now!


Kindly Bookmark and Share it:

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

16 komentar:

Dhana/戴安娜 on 16 Agustus 2011 00.03 mengatakan...

salam sahabat
makasih mas Acmad semoga kita bisa istiqomah menjalankan sholat Tahajjud ya
oh iya maaf telat dah udah saya follow kok


Catatan si Boy on 16 Agustus 2011 00.08 mengatakan...

Sholat tahajud adalah sholat sunnat yg sangat besar pahala dan faedahnya.. namun sangat jarang dikerjakan... termasuk saya, yg cuma sekali2 ngerjain.. kalau ada maunya baru ngerjakan.. heheh.. thanks.. :)


DJ Site on 16 Agustus 2011 00.59 mengatakan...

Betul aku setuju sama kang Boy soalnya akupun jarang mengerjakan hhe.. *jadi malu

Udah aku Follow Sob.. (DJ Site)..

OOT: ini kayanya lebar konten untuk komentar kegedean deh Sob... soalnya komentarnya Mbak Dhana sama Kang Boy gak muncul Fulll


al kahfi on 16 Agustus 2011 01.00 mengatakan...

smoga kita2 terutama saya sendiri bisa slalu mengerjkan yg namanya sholat malam,, krn mmg sih tdk mudah dalam realisasinya..butuh perjuangan jiwa...


Ahmad Choirun Najib Asli Anak Blitar on 16 Agustus 2011 01.38 mengatakan...

@Dhana/戴安娜
Terimakasih mbk dana atas kunjungan balik dan komentarnya.. :)


Ahmad Choirun Najib Asli Anak Blitar on 16 Agustus 2011 01.39 mengatakan...

@Catatan si Boy
Sama sama sob..thanks dah mau komen.. :)


Ahmad Choirun Najib Asli Anak Blitar on 16 Agustus 2011 01.41 mengatakan...

@DJ Site
Yang mana sob?nanti q perbaiki, thanks ya dah mau komen.. :)


Ahmad Choirun Najib Asli Anak Blitar on 16 Agustus 2011 01.42 mengatakan...

@al kahfi
Ok sob, smga tulisan diatas bs bermanfaat bagi kita semua.. Amin..


[L]ain on 18 Agustus 2011 04.37 mengatakan...

pengen banget tiap hari shalat tahajud. Tapi suka males bangun. Ah cemen ya saya =A=


aviko on 18 Agustus 2011 11.27 mengatakan...

Mari kita budayakan sholat tahajjud...amieennn


by http://newkidz89.blogspot.com/


nova13 on 18 Agustus 2011 23.35 mengatakan...

sepertinya blm di follow, hmm...


BLOGNOLER.COM on 19 Agustus 2011 09.12 mengatakan...

wah jadi tambah pengetahuan agama nih. oya sob, sudah saya followback. Semoga blog sobat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. amin, salam blognoler,,


YOGYAKARTA on 18 September 2011 19.39 mengatakan...

wah bagus banget isi blog ini


Amhar Sunny on 13 Desember 2011 04.34 mengatakan...

Wahh,, Pidatonya Baguss Mass,,

Update pengetahuan Agama nigh..


Bebas Klik on 6 Januari 2012 05.53 mengatakan...

Mantap sob ini menarik. ini kunjungan balik sy...


Info Obat on 12 Maret 2014 20.45 mengatakan...

pasti luar biasa manfaat dari sholat tahajud ini


Have any question? Feel Free To Post Below:

 

Author

Foto Saya
I'm live in Indonesia, especially in Blitar East Java. I'm a Blogger, Student, Internet Marketer.

Popular Posts

© 2011. All Rights Reserved | Mari Beribadah | Template by Blogger Widgets

Home | About | Top